Tokoh Wayang Bagong

Tokoh wayang Bagong. Bagong adalah anak angkat ketiga Semar. Dia adalah adik dari Gareng dan Petruk. Diceritakan, ketika itu Gareng dan Petruk meminta dicarikan teman, Sanghyang Tunggal berkata: “Ketahuilah temanmu adalah bayanganmu sendiri.” Seketika itu, bayangan berubah menjadi manusia yang kemudian diberi nama Bagong.

Bagong mempunyai badan yang pendek, gemuk seperti Semar, tetapi ia mempunyai mata dan mulut yang lebar. Ia mempunyai karakter suara besar dan kedengaran agak kendor di leher. Ia mempunyai watak suka bercanda, pintar membuat lelucon, bahkan terkadang kelucuannya itu menjengkelkan dan beradat lancing tetapi jujur dan juga sakti. Jika menjalankan tugas, ia terkadang tergesa-gesa dan kurang perhitungan.

Ada yang mengatakan, kalau Bagong berasal dari Bahasa Arab yaitu ‘Baghoo’ artinya senang membangkang atau menentang, tidak mudah percaya atau menurut pada pendapat orang lain. Ini jadi perlambang atau nasehat bagi para bendaranya. Bahkan di dunia ini terdiri dari segala macam watak manusia. Oleh karena itu, kita harus tetap waspada. (**)